Kapolrestro Bekasi Kota : Pembuatan Surat Ijin Mengemudi (SIM) mudah, murah dan cepat.

Kepala Kepolisian Resort Metro Bekasi Kota Komisaris Besar Polisi (Kombespol) Indarto, membuat terobosan baru dalam hal pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) C dan A diwilayah hukumnya.

Yakni mempersilahkan pemohon SIM A dan C untuk belajar terlebih dahulu diarea fasilitas Polres pada hari minggunya, agar terhindar dari kegagalan dan setelah lulus pemohon masuk keruangan cetak SIM dan tinggal menunggu SIM anda selesai dan dipanggil untuk pengambilan Kartu SIM, tentu ini merupakan kabar gembira bagi warga Kota Bekasi.

Namun untuk dapat mencicipi kebijakan ini pemohon SIM baru perlu mempersiapkan Kartu Tanda Penduduk(KTP), dan pemohon juga wajib melakukan pemeriksaan kesehatan di lokasi pembuatan SIM Polrestro atau ditempat lain yang legalitasnya dapat mengeluarkan surat keterangan kesehatan.

Sedangkan tarif pengurusan SIM baru saat ini juga terbilang murah, yakni untuk SIM C Rp.100.000 dan SIM A Rp.120.000, dan tarif untuk perpanjangan SIM C cukup Rp.75.000 dan untuk perpanjangan SIM A cukup dengan uang Rp.80.000 rupiah.

“Para pemohon juga dapat membayar Asuransi sebesar Rp.30.000(Tiga puluh ribu rupiah) walau tidak diwajibkan, setelah itu akan mendapatkan formulir untuk diisi Dengan benar dan lengkap sesuai identitas pemohon”, ungkap Kombespol Indarto.

Setelah lengkap pemohon masuk ke ruang entry data, baru masuk ke ruang Poto sim untuk identifikasi sidik jari, Poto dan tanda tangan.

Bila pemohon hanya ingin perpanjang SIM langsung masuk ke ruang cetak SIM .

Sebagai informasi, pemohon SIM baru yang akan melakukan pengajuan di Polres Metro Bekasi diwajibkan untuk mengikuti ujian teori, agar tidak terjadi kegagalan, sistem ujian teori adalah online sebelumnya pemohon dapat mempelajarinya dirumah.

“Jadi nanti jika gagal, pemohon harus melakukan pengulangan sampai pemohon dinyatakan lulus untuk melanjutkan ke ujian praktek, dan jika pemohon gagal dalam ujian praktek, pemohon harus mengulangi lagi satu Minggu kemudian”, pungkas Indarto [BON/KB]

Berita Sebelumnya
Berita Selanjutnya